Apa Perbedaan Tepung Terigu Protein Rendah, Sedang, dan Tinggi?

3840x2160

Jenis tepung yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, tepung terigu termasuk dalam daftar jenis tepung yang sering digunakan di dapur. Tepung terigu ada tiga jenis:

  1. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah mempunyai kadar protein gluten sekitar 8% hingga 11%, terbuat dari gandum yang lunak. Ciri-cirinya mempunyai daya serap air dan gula yang rendah, hasil adonan tidak lunak dan cenderung sulit diuleni. Biasanya digunakan untuk membuat kue kering, pastel, gorengan, bakpau.

 

  1. Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu protein sedang disebut juga all purpose flour. Mempunyai kadar protein gluten sekitar 12%, terbuat dari campuran tepung terigu protein tinggi dan tepung terigu protein rendah. Biasanya digunakan untuk membuat adonan fermentasi, donat, bakpau, bapel, panada, cake, muffin, brownies, onde-onde.

 

  1. Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu protein tinggi disebut juga Bread Flour, mempunyai kadar protein gluten minimal 13%, terbuat dari gandum bertekstur keras. Ciri-cirinya mempunyai daya serap air tinggi, elastis, mudah digiling. Tepung ini paling cocok untuk membuat roti dan mie.
 

Jadi, sekarang sudah bisa membedakan jenis-jenis tepung terigu, kan? Happy cooking!

 

Sumber: resepkita.com

We use cookies to improve your experience on our website. By browsing this website, you agree to our use of cookies.
  We hate spam and never share your details.